Kamis, 27 Januari 2011

LEASED LINE




LEASED LINE
Leased line adalah saluran koneksi telepon permanen antara dua titik yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi publik.
Umumnya, 
leased line digunakan ketika terdapat kebutuhan komunikasi data jarak jauh yang harus dilakukan secara terus-menerus.Leased line memiliki beberapa tingkatan tarif yang bergantung kepada lebar jalur data (Bandwidth) yang mampu dikirimkan melalui leased line tersebut.
Leased Line atau sering disebut juga Dedicated Line adalah menghubungkan suatu Local Area Network (LAN) yang berada di rumah atau kantor ke suatu server ISP tertentu dengan menggunakan jaringan telepon secara terus-menerus selama 24 jam, sesuai dengan besarnya bandwidth yang dibutuhkan. Di kedua sisi dibutuhkan modem khusus leased line dan router khusus, dan untuk modem biasanya digunakan Modem DoV (Data over Voice) dimana untuk pelayanan Lintasarta, modem tersebut dipinjamkan kepada pelanggan.Leased line jasa (atau layanan jalur pribadi) menjadi digital di tahun 1970-an dengan konversi dari Bell jaringan backbone dari analog ke sirkuit digital. Konversi ini memungkinkan AT & T untuk menawarkan Dataphone Layanan Digital (kemudian kembali-merek layanan data digital) yang mulai penyebaran ISDN dan T1 garis untuk bangunan pelanggan dapat terhubung [1] .
Leased line yang digunakan untuk menghubungkan komputer mainframe dengan terminal dan lokasi terpencil, melalui IBM Sistem Arsitektur Jaringan (diciptakan pada 1974) atau DECnet (dibuat tahun 1975).
Dengan perluasan layanan digital di tahun 1980-an leased line digunakan untuk terhubung bangunan pelanggan untuk Frame Relay atau ATM jaringan. Akses data tingkat meningkat dari pilihan T1 asli sampai dengan sirkuit T3.
Pada 1990-an dengan kemajuan dari internet, leased lines juga digunakan untuk terhubung bangunan pelanggan ke ISP Point of Presence sementara s 'dekade berikutnya melihat konvergensi dari afore disebutkan jasa (frame relay, ATM, Internet untuk bisnis) dengan MPLS yang terintegrasi persembahan.
Akses data tingkat juga berkembang secara dramatis untuk kecepatan hingga 10GB / s pada awal abad ke-21 dengan booming Internet dan penawaran saham di angkut jaringan optik-panjang atauMetropolitan Area Network .


Aplikasi

EPN Leased Line dan dial-up Network.svg
EPN Frame-Relay dan Dial-up Network.svg
Leased line digunakan untuk membangun jaringan swasta, jaringan telepon pribadi (dengan interkoneksi PBX s ') atau mengakses internet atau jaringan partner ( extranet ).
Berikut adalah review dari aplikasi leased line di desain Jaringan dari waktu ke waktu:


Situs untuk konektivitas data situs

Mengakhiri sebuah leased line dengan dua router dapat memperluas kemampuan jaringan di seluruh situs. Leased line pertama kali digunakan pada tahun 1970 oleh perusahaan dengan protokol proprietary seperti IBM Arsitektur Jaringan Sistem dan Digital EquipmentDECnet , dan dengan TCP / IP di Universitas dan Riset jaringan sebelum Internet menjadi tersedia secara luas. Perhatikan bahwa lainLayer 3 protokol digunakan seperti Novell IPX pada jaringan perusahaan sampai TCP / IP menjadi mana-mana di tahun 2000-an. Hari ini, titik ke titik data sirkuit biasanya ditetapkan sebagai TDM , atau Layer 3 MPLS, Ethernet.


Situs ke situs konektivitas PBX

Mengakhiri sebuah leased line PBX dengan dua pelanggan diizinkan untuk PSTN by-pass untuk telepon antar-situs. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk mengelola sendiri rencana nomor (dan menggunakan ekstensi pendek untuk nomor telepon internal) serta membuat penghematan yang signifikan jika lalu lintas cukup suara dilakukan di garis (khususnya ketika tabungan pada tagihan telepon melebihi biaya tetap dari leased line).


Situs untuk konektivitas jaringan

Sebagai permintaan tumbuh pada jaringan data telcos mulai membangun jaringan yang lebih maju dengan menggunakan packet switching di atas infrastruktur mereka. Dengan demikian sejumlah perusahaan telekomunikasi ditambahkan penawaran ATM, Frame-relay atau ISDN ke portofolio layanan mereka. Leased line digunakan untuk menghubungkan lokasi pelanggan ke titik akses jaringan telekomunikasi.

International Private Lease Circuit

Sebuah IPLC adalah International Private Leased Circuit yang berfungsi sebagai jalur pribadi point-to-point.
 IPLCs biasanya Sisa-division multiplexing (TDM) sirkuit yang memanfaatkan sirkuit yang sama di antara banyak pelanggan. Sifat TDM memerlukan penggunaan CSU / DSU dan router. Biasanya router akan mencakup CSU yang DSU /.

Lalu datanglah Internet (pada pertengahan 1990-an) dan karena aplikasi yang paling umum untuk leased line untuk terhubung pelanggan untuk perusahaan ISP Point kehadiran . Dengan perubahan bahwa Internet membawa dunia jaringan teknologi lain yang dikembangkan untuk mengusulkan alternatif untuk-relay atau ATM jaringan Frame seperti VPN (hardware dan software) dan jaringan MPLS (yang berlaku upgrade ke TCP / IP ATM yang ada / frame-relay infrastruktur).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar